Inspirasi Musik Masa Kini Yang Diadopsi dari The Bee Gees

Bagi generasi milenial, mungkin tidak banyak yang mengenal grup band legendaris yang berjaya di jaman dulu. Namun sebenarnya karakter musik dan inspirasi yang dibawa bisa dilihat pada beberapa musik dan musisi Indonesia. Seperti grup band legendaris asal Australia The Bee Gees misalnya.

Berbicara musik luar negeri yang memberikan pengaruh pada musisi dalam negeri, biasanya yang disebutkan adalah The Beatles atau Queen. Namun jauh sebelum itu, The Bee Gees sudah lebih dulu populer dan sedikit banyak menjadi inspirasi dari musisi-musisi terkenal tersebut, bahkan beberapa musisi terkenal di Indonesia.

Musik Masa Kini yang Tak Lepas dari Pengaruh The Bee Gees

Terbentuk pada tahun 1958, The Bee Gees awal kemunculannya mengusung genre musik rock, soft rock dan disco. Bee Gees pernah mengalami dua kali masa kejayaan sejak pertama kali debut sebagai musisi.

Masa kejayaan pertamanya diperoleh pada akhir tahun 60an dan sekitar akhir tahun 70-an ketika genre disko menjadi genre musik andalan yang diusung.

Pada saat itu, kepopuleran The Bee Gees bahkan sudah disejajarkan dengan musisi-musisi lain yang sudah lebih dulu berkarir dalam dunia musik.

Kepopuleran dan pengaruh musik The Bee Gees pun akhirnya sampai ke Indonesia. Kala itu bahkan hingga kini, The Bee Gees masih menjadi inspirasi bagi musisi masa kini.

Beberapa musisi masa kini bahkan juga menjadikan The Bee Gees sebagai inspirasi musiknya, seperti yang terlihat pada beberapa inspirasi musik masa kini berikut yang juga diadopsi dari musik The Bee Gees.

1. Pop Disco Funk

pop disco funk

Musik The Bee Gees pertama yang banyak diadopsi menjadi musik masa kini yang cukup digemari adalah pop disco funk. Alunan music pop disco funk yang populer di akhir tahun 1970-an membawa nuansa musik baru yang lebih menyenangkan sehingga banyak pula musisi masa kini yang menjadikannya inspirasi.

2. Techno Pop

Musik Techno Pop

Musik The Bee Gess selalu mengikuti trend musik yang ada saat itu. Salah satunya adalah techno pop. Genre musik ini pun kemudian tak hanya populer di tempat kelahiran The Bee Gees saja, tapi juga di Indonesia. Terbukti dengan beberapa musisi Indonesia yang kemudian mengadopsi genre ini dan menjadikannya inspirasi pada musiknya.

3. Harmonisasi dan Notasi Nada

notasi nada

Tak hanya pada genre, inspirasi musik The Bee Gees yang juga berpengaruh dan memberikan inspirasi pada musisi masa kini lainnya adalah harmoninasi dan notasi nadanya. Tak ragu-ragu, beberapa musisi Indonesia bahkan juga mengadopsi aspek musik ini pada beberapa lagu yang dibuatnya, seperti pada band Armada misalnya. Notasi lagu ‘Yang Terindah’ pun sedikit banyak diadopsi dari The Bee Gees ‘Words’.

Meski tidak sepopuler The Beatles, The Bee Gees ternyata juga memberikan dampak tersendiri bagi musisi muda masa kini. Terbukti dengan beberapa inspirasi musik masa kini yang ternyata tak lepas dari hasil adopsi para musisi tersebut dari musik The Bee Gees.